DARI DIA DAN KEPADA DIA

11 Agustus 2017 oleh GI. Yerti Sariana

church event


Sebab segala sesuatu adalah dari Dia, dan oleh Dia, dan kepada Dia : Bagi Dialah kemuliaan sampai selama - lamanya! - Roma 11: 36

Salah satu hal yang membuat iman kita tidak dapat bertumbuh dengan leluasa adalah kesombongan. Seringkali kesombongan itu dianggap sebagai hal yang sepeleh. Dianggap sebagai dosa yang sepeleh oleh banyak orang. Calvin mengatakan bahwa menyombongkan diri (self-pride), - bagaikan X-tra Joss - adalah “biang" dosa. Maksudnya, banyak dosa berawal dan berpancar dari kesombongan. Surat Roma melalui Paulus (Roma 11 : 35 & 36) dengan jelas menasehati kita orang percaya bahwa, tidak ada satu pun perbuatan baik kita yang dapat membuat Tuhan “berhutang budi” kepada kita (ayat 35). Segala sesuatu yang kita miliki, baik itu talenta, uang, bahkan hidup kita, semuanya berasal dari Tuhan. Tuhan sendiri yang memampukan kita memakai semua itu bagi kemuliaan-Nya. Hidup kita orang percaya semuanya hanya kasih karunia Tuhan semata (ayat 36).

Renungkan : Kesadaran bahwa segala sesuatu yang kita miliki adalah kasih karunia Tuhan. Inilah yang seharusnya menjadi perhatian dan menjadi bagian yang utama bagi kita. Bagaimanakah seharusnya kita mempergunakan apa yang telah Tuhan berikan bagi kita. Karena segala sesuatu yang ada pada kita asalnya hanya daripada Tuhan. Talenta, waktu, kesehatan, uang, tempat tinggal,....segala sesuatu yang kita miliki. Dengan hati yang melimpah ucapan syukur atas kasih karunia Tuhan kita nyatakan kepada Tuhan. Kita terus memikirkan dan menyatakan apa yang kita miliki hanya untuk kemuliaan Tuhan.


Kiranya, kami selalu dapat memberikan segala sesuatu yang kami miliki hanya untuk kemuliaan Tuhan! Amin