BERHIKMAT MENGGUNAKAN PENGETAHUAN

26 Agustus 2017 oleh GI. Yerti Sariana

church event


Tetapi jagalah, supaya kebebasanmu ini jangan menjadi batu sandungan bagi mereka yang lemah - 1 Korintus 8 : 9

Ketika Rasul Paulus menuliskan suratnya (1 Korintus 8 : 1 - 13) yang di tujukan kepada jemaat Tuhan yang di Korintus pada waktu itu satu hal yang melatar belakangi sehingga Paulus harus menuliskan bagian itu : Paulus menghadapi sebuah persoalan yakni, ia harus menjawab pertanyaan tentang sikap orang percaya terhadap daging atau makanan yang sudah dipersembahkan kepada berhala (1 Korintus 8 : 1) masalah ini terjadi karena latar belakang sebagian jemaat Korintus dahulunya adalah penyembah berhala. Mereka yang dahulu mempersembahkan kurban kepada berhala, meyakini bahwa makan daging persembahan berhala berarti menyembah berhala. Namun, jemaat lain memiliki ‘pengetahuan’ bahwa berhala itu mati. Jadi, tidak ada masalah memakan makanan tersebut. Paulus memberikan nasihat. Pertama, pengetahuan manusia itu sangat terbatas. Kalau pengetahuan menjadikan seseorang sombong, hal itu akan menjadi batu sandungan bagi orang lain (1 Kor 8 : 9) pengetahuan kita adalah anugerah yang kita gunakan untuk mengasihi Tuhan dan sesama. Kedua, Allah adalah Allah yang hidup kuas. Tidak ada allah lain yang hidup. Semua berhala adalah mati. Maka, makanan apa pun, termasuk yang sudah dipersembahkan kepada berhala, dapat kita nikmati dengan bebas (1 Kor 8 : 4 - 8). Ketiga, berhikmat menggunakan pengetahuan. Ketika sengaja menikmati makanan tersebut di depan orang - orang yang lemah imannya, mereka bisa terjatuh dalam dosa. Paulus menegaskan daripada menjadi batu sandungan lebih baik jangan memakannya (1 Kor 8 : 9 & 13).

Untuk direnungkan : Firman Tuhanlah yang harus selalu menjadi sumber pengetahuan kita orang Kristen untuk menimbang benar dan salah. Bagaimana kita menggunakan setiap pengetahuan kita untuk membangun iman sesama kita. Mintalah senantiasa hikmat Tuhan agar kita dapat menggunakan pegetahuan kita dengan benar. “Takut akan Tuhan adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan Tuhan.” (Amsal 1 :7)


Tuhan, kiranya berikanlah kami senantiasa hikmatMu agar kami dapat menggunakan pegetahuan kami dengan benar hidup kami adalah hidup yang menjadi berkat dan memberkati! Amin