SIAP DIUBAH OLEH TUHAN

02 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : KISAH 10: 24 – 48


Menerima pesan Tuhan dari penglihatan yang Petrus dapatkan dan kenyataan datangnya 3 orang utusan Kornelius kerumah tempat Petrus menumpang, Petrus mau taat pada pesan Tuhan: “Yang dihalalkan oleh Allah jangan diharamkan oleh manusia.” Pada keesokan harinya, Petrus dengan ditemani beberapa kawan Yahudinya, bersama 3 orang utusan Kornelius bersemangat untuk pergi ke Kaisaria ke rumah Kornelius.

Kornelius berantusias untuk menerima berita injil, kabar baik yang akan disampaikan oleh Petrus dengan menantikan kedatangan Petrus, mengundang sanak-saudara dan sahabatnya berkumpul di rumahnya (ayat 24) Kornelius menyambut Petrus dengan penuh hormat dan siap merespon berita injil yang akan disampaikan oleh Petrus (ayat 25) Petrus sharing pengalaman rohaninya dan bertanya apa tujuan pemanggilannya tersebut (ayat 27 – 29). Kornelius juga sharing akan pengalaman rohaninya (ayat 30-33). Pernyataan penting dari Kornelius:”Kami sudah hadir disini di hadapan Allah untuk mendengarkan apa yang ditugaskan Allah kepadamu.”(ayat 33)

Petrus memberitakan hakikat injil Kristus yang sesungguhnya: Yesus Kristus adalah Tuhan dan pembawa damai sejahtera bagi segala bangsa (ayat 36). Yesus Kristus adalah Hakim atas orang hidup dan yang mati, Dialah Hakim atas bangsa-bangsa (ayat 42). Setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh pengampunan dosa karena nama-Nya (ayat 43).

Hakikat injil sejati disampaikan oleh Petrus dengan jelas dan antusias dan disambut dengan respon antusias Kornelius dan orang seisi rumahnya. Roh Kudus berkarya menyatakan tanda ajaibnya, pengalaman rohani hari Pentakosta yang dicatat dalam Kisah Rasul 2 itu terjadi ulang di rumah Kornelius (ayat 44). Benar, Yesus Kristus juga untuk bangsa-bangsa lain (ayat 45-46)

Petrus memberikan tantangan:”Bolehkah orang mencegah untuk membaptiskan mereka?” (v47) Petrus mengambil langkah kontroversial di hadapan kawan Yahudinya dan para pemimpin Kristen waktu itu, siap membaptiskan Kornelius dan orang-orang seisi rumahnya. Kornelius juga siap mengambil langkah kontroversial, dihadapan atasannya dan kolega Romawinya menjadi Kristen, Pengikut Kristus (ayat 48)

Dampak dari respon menaati petunjuk visi Tuhan telah membuka jalan menuju perubahan: Yang dihalalkan oleh Allah, harus juga dihalalkan oleh manusia. Amin.


Ya, Tuhan Yesus, tolonglah aku agar mampu bertindak dan berlaku “mau menghalalkan apa yang dihalalkan oleh Allah di dalam Kristus.” Amin