JANGAN MENGABAIKAN PERAN MALAIKAT

04 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : KISAH 12:1-25


Malaikat sebagai makhluk roh ciptaan Allah yang tidak terlihat oleh mata jasmani, namun sesekali dapat menampakkan dirinya – ikut berperan penting dalam kehidupan dan pelayanan Kristus. Malaikat menjadi pewarta berita kelahiran Kristus Tuhan di kota Daud (Lukas 2:9-11), paduan suara para malaikat itu menyanyikan kidung kemuliaan bagi Allah ketika bayi Kristus dilahirkan (Lukas 2:13-14). Setelah Yesus menang atas pencobaan iblis di padang gurun, para malaikat datang melayani Yesus (Matius 4:11). Ketika Kristus bergumul di taman Getsemani, malaikat menampakkan diri kepada-Nya untuk memberikan kekuatan kepada-Nya (Lukas 22:43). Malikat Tuhan turun dari langit untuk menggulingkan batu penutup kubur Yesus pada Hari Kebangkitan-Nya (Matius 28:2). Pada waktu Kenaikan Kristus ke sorga dua malaikat Tuhan menegur murid Kristus yang terpukau menatap ke langit menyaksikan Kristus kembali ke sorga (Kisah 1:10-11). Waktu Kristus datang kembali, Dia akan diiringi para malaikat-Nya (Matius 25:31)

Karena esensi malaikat sebagai makhluk roh yang tidak kelihatan, maka peran pentingnya sering diabaikan. Dalam Kisah 12 ini dipaparkan dua kali peran penting malaikat: Malaikat melepaskan Petrus secara ajaib dari rantai yang membelenggu tangannya dan pintu-pintu penjara yang terkunci mengurungnya, membawa Petrus terlepas, keluar dari penjara secara ajaib (ayat 4-11). Malaikat Tuhan menampar mati Herodes yang berpidato dengan sombongnya dan tidak menghormati Allah (ayat 21-23).

Pemberitaan injil yang disertai dengan tanda-tanda heran, karena Allah sendiri dalam kedaulatan-Nya mengutus malaikat-Nya untuk menyatakan kuasa injil Kristus tersebut, membuat firman Allah makin tersebar luas (ayat 24)

Jangan putus asa dalam pergumulanmu, karena Allah dalam kedaulatan-Nya dapat mengutus malaikat-Nya secara nyata untuk menolong kamu.


Ya, Tuhan Yesus, tolonglah kami agar tidak putus asa, ketika terasa tidak mungkin ada pertolongan dari manusia, sebab Allah dapat menolong kami melalui malaikat-Nya. Amin.