PENGGEMBALAAN DAN PENGINJILAN MENURUTI PIMPINAN ROH KUDUS

10 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : KiSAH 16:1-15


Dengan semangat mensosialisasikan keputusan sidang raya Gereja mula-mula ke tempat-tempat dimana ada komunita jemaat Kristen, Pauls dan Silas sapai di Derbe dan Listra (ayat 1-4), dampaknya adalah Jemaat Tuhan diteguhkan dalam iman dan kepengikutannya pada Tuhan Yesus (ayat 5) Sementara itu pemberitaan injil kepada jiwa-jiwa baru juga terus dilakukan dengan gencar, sehingga jemaat Tuhan bertambah banyak.

Dalam pelayanan penggembalaan dan penginjilan ini, Paulus dan Silas serta Timotius, sebagai team pelayan Kristus ini juga menaati pimpinan dan larangan Roh Kudus (ayat 6) yang juga disebut Roh Yesus (ayat 7). Paulus dan kawan-kawannya juga bergerak dalam pelayanan sesuai dengan pimpinan penglihatan dari Tuhan yang diberikan kepada mereka.

Dalam pelayanannya di Troas, Paulus nampak penglihatan dari Tuhan, ada orang Makedonia yang memanggilnya:”Menyeberanglah kemari, tolonglah kami!” Melalui penglihatan tersebut Paulus berkesimpulan bahwa rombongan team PI-nya harus ke Makedonia, ber PI kepada mereka. Kota Pertama di Makedonia yang Paulus kunjungi adalah Filipi (ayat 8-12)

Di synagoge yang ada ditepi-tepi sungai di Filipi tersebut, Paulus melakasanakan penginjilan pada kaum wanita Yunani. Paulus memenangkan Lidia penjual kain ungu dari Tiatira. Lidia dan seisi rumahnya yang mendengar berita injil yang disampaikan oleh Paulus, akhirnya bertobat dan dibaptiskan menjadi orang Kristen pertama di Filipi. Paulus dan team pelayanan injil menginap di rumah Lidia. Paulus terus mengambil kesempatan mengadakan penginjilan di Filipi (ayat 13-15)

Pelayanan penggembalaan, pengajaran dan penginjilan harus terus dilakukan secara seimbang dan menaati pimpinan Roh Kudus serta taat pada petunjuk penglihatan yang Tuhan berikan. Barulah pertumbuhan iman dan rohani serta jumlah jemaat bertambah-tambah.


Ya, Tuhan Yesus, tolonglah hamba-hamba-Mu yang melakukan pelayanan penggembalaan, pengajaran dan pengin jilan agar mereka taat pada pimpinan Roh Kudus dan penglihatan yang Tuhan nyatakan. Amin.