PEMBERITAAN INJIL MEMERLUKAN PENYERTAAN KRISTUS

11 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : KISAH 16:16-40


Pemberitaan injil adalah upaya memperkenalkan Yesus Kristus sebagai Tuhan yang memberikan keselamatan, kelepasan dari belenggu dosa, kesembuhan dari sakit penyakit dan kelemahan, kemenangan atas kuasa maut dan kuasa iblis; Dia akan memberikan hidup damai sejahtera dengan Allah, dengan dirinya, dengan sesamanya dan dengan lingkungan hidupnya bagi setiap orang yang percaya kepada-Nya. Pemberitaan itu dilakukan dengan kata-kata pengajaran yang membuat orang yang mendengarnya dapat mengerti injil Kristus tersebut

Tetapi pemberitaan injil harus juga dilakukan melalui kehidupan dan perbuatan nyata yang membuktikan bahwa apa yang diajarkan itu benar, karena ada bukti nyatanya dalam praktik hidup. Kuasa dari nama Yesus Kristus itu harus dinyatakan bukan hanya dengan kata-kata pengajaran, tetapi juga dalam praktik iman pemberita injil.

Dalam penginjilan di Filipi, Rasul Paulus dengan Nama Yesus Kristus mengusir roh tenung keluar dari budak perempuan yang dikuasainya (ayat 16-18). Dalam kondisi terpenjara karena pemberitaan injil itu, pda tengah malam Paulus dan Silas dapat memuji Tuhan, menyanyi dan berdoa (ayat 22-25) Kuasa injil Kristus telah membuat mereka sebagai orang yang merdeka sekalipun fisik terpenjara. Kristus yang mereka layani, dalam kedaulatan kuasa-Nya berkenan menyatakan mukjijat-Nya, belenggu penjara itu terlepas dan pintu penjara itu terbukalah (ayat 26). Kepala penjara ketakutan dan akan membunuh diri, karena berpikir pasti semua tahanan dalam penjara itu telah lari. Paulus mencegahnya dan mulai menginjili kepala penjara itu dan keluarganya. Seisi rumah kepala penjara itu dibaptiskan (ayat 27-34). Paulus mendapatkan pembelaan karena haknya sebagai orang Roma (ayat 35-40)

Pemberitaan injil itu telah memenangkan jiwa-jiwa baru karena diberitakan dengan berita yang jelas dan solid dan karena kuasa Kristus menyertai pemberitaan itu.


Ya, Tuhan Yesus berkatilah hamba-hamba-Mu yang memberitakan injil. Biarlah penyertaan-Mu nyata, sehingga membawa jiwa-jiwa baru bertobat kepada Kristus. Amin