PENGHAMBAT PEMBERITAAN INJIL AKAN SELALU ADA

16 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : KISAH 19:21-41


Penginjilan merupakan proses memenangkan jiwa bagi Kristus. Itu merupakan peperangan rohani memenangkan hati dan hidup manusia bagi Kristus. Bagaimana tidak? Orang berdosa, anak kegelapan ditantang harus meninggalkan kehidupan lamanya yang terbelenggu oleh dosa, perilaku jahat, terbelenggu oleh kuasa kegelapan dunia ini, serta membebaskan dirinya dari belenggu budaya, adat istiadat, tradisi serta kepercayaan lamanya yang telah tercemar oleh kuasa dosa dan kuasa iblis, agar dapat menjadi anak-anak terang sejati.

Dalam proses ini yang dalam kegelapan tidak rela untuk ditinggalkan oleh teman-temannya yang menyambut terang injil itu. Maka mereka memprotes, demo, menindas dan menghambat pemberitaan injil tersebut.

Paulus merancangkan perjalanan PI-nya akan ke Yerusalem melalui Makedonia dan Akhaya, sesudah ke Yerusalem dia akan ke Roma. Timotius dan Erastus diutus untuk mempersiapkan kedatangan nya di Makedonia, sementara Paulus masih di Efesus (ayat 21-22).

Ketika Demetrius, tukang perak dan para pembuat patung-patung di kuil Artemis melihat banyak orang Efesus, para penyembah dewa, pengikut sihir dan mantera bertobat kepada Kristus karena penginjilan yang dilakukan oleh Paulus, mereka mengalami bahwa keagungan dewa Artemis terancam akan berkurang dan mata pencarian mereka sebagai pembuat berhala dan petenung serta penyihir bayaran akan tidak laris lagi. Maka mereka mengadakan demo dan huru-hara untuk menghambat PI tersebut dan Paulus meninggalkan Efesus (ayat 23-41).

Pada waktu injil yang murni itu diberitakan, pada waktunya Tuhan pasti ada orang-orang yang menerimanya sekali pun harus menghadapi tantangan dan penderitaan karena menerima injil Kristus tersebut. Kristus sendiri akan menghiburkan dan menguatkan orang Kristen baru yang harus menghadapi tantangan iman melalui firman yang pernah mereka terima dan Roh Kudus-Nya yang berkarya.


Ya, Tuhan Yesus, berkatilah orang-orang Kristen baru yang harus menghadapi penindasan karena imannya kepada Kristus. Kuatkanlah mereka dengan firman-Mu dan hiburkanlah mereka dengan penghiburan dari Roh Kudus. Amin