DITAMBAHKAN REKAN SEPELAYANAN DALAM PEKABARAN INJIL

17 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : KISAH 20:1-16


Dalam pelayanan pekabaran injil dan pembinaan Jemaat Tuhan, Paulus telah menenangkan orang-orang yang ikut serta dalam pelayanan sebagai pemerhati jemaat baru, punya hati mau menemani dan melayani bersama Paulus dalam pekabarann injil dan pengajaran.

Paulus meninggalkan Efesus menuju Makedonia dan menjelajahi daerah itu untuk menguatkan iman jemaat Kristus, akhirnya tibalah di Yunani. Paulus di Yunani selama 3 bulan, lalu kembali melalui Makedonia akan melanjutkan perjalanan pelayanannya ke tempat lain (ayat 1-3). Paulus disertai: Sopater dari Berea, Aristarkus dan Sekundus dari Tesalonika, Gayus dari Derbe, Timotius, Tikhikus dan Trofimus dari Asia (ayat 4). Para relawan yang digerakkan oleh Tuhan mendukung pelayaan Paulus. Mereka akan berangkat lebih dahulu menantikan Paulus di Troas. Paulus bersama mereka di Troas 7 hari. Terjadi insiden di Troas. Pada hari pertama minggu itu Paulus berbicara sampai larut malam, telah membuat Euthikus kelelahan dan mengantuk, yang akhirnya menyebabkan dia terjatuh dari lantai 3 tempat Paulus mengajar. Euthikus mati, namun oleh anugerah Tuhan dia dibangkitkan oleh Paulus. Jemaat Tuhan terhibur oleh mukjijat Tuhan saat itu (ayat 5-12)

Rombongan dengan kapal akan berlayar terlebih dahulu menuju Asos, sedang Paulus akan lewat jalan darat ke Asos. Paulus akan dijemput di Asos, lalu melanjutkan perjalanan PI-nya ke Melitus. Dan Paulus tidak berencana singgah di Efesus, dia mengutus orang Miletus untuk memanggil para penatua jemaat Efesus berjumpa dengan Paulus di Melitus, karena Paulus ingin menyampaikan pengajaran dan pesannya. Paulus sedang berburu dengan waktu agar dapat sampai di Yerusalem pada Hari Raya Pentakosta (ayat 13-16).

Tuhan telah membangkitkan semangat banyak orang untuk mendukung pelayanan Paulus dalam pekabaran injil. Walaupun Paulus tidak selalu bersama mereka, tetapi mereka yang sudah diserahi tanggung jawab, mau dan mampu melaksanakan pangggilannya dalam melayani Kristus.


Ya, Tuhan Yesus, tolonglah mereka yang telah diinjili, telah dibaptiskan dan telah dimuridkan dan diperlengkapi ketrampilan dalam pelayanan mau dan mampu mewujudkan panggilan pelayanannya. Amin.