DALAM PERLINDUNGAN TUHAN

23 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : KISAH 23:12-35


Pelayanan pemberitaan injil tidak membebaskan si pemberita dari kesukaran dan tantangan kehidupan yang harus dihadapi. Namun dalam menghadapi segala macam kesukaran itu Tuhan akan menyatakan pertolonganNya. Kalau belum waktunya bagi seseorang untuk mati sahid dalam pelayanan pekabaran injil, dia tak akan mengalami itu. Jikalau orang tidak dipredestinasikan oleh Allah untuk mati sebagai sahid dalam pekabaran injil, mati sahid itu tak akan terjadi bagi si pemberita injil tersebut.

Berulang kali Paulus mengalami kondisi dan situasi yang mengancam hidupnya dalam pemberitaan injil; karena belum sampai saatnya maka Tuhan menyatakan pertolongannya secara ajaib, dia lolos dari rencana pembunuhan.

Ketika huru-hara terjadi dan orang-orang Yahudi yang membenci pemberitaan injil yang dilakukan oleh Paulus itu mau membunuh Paulus. Paulus diselamatkan di markas tentara Romawi. Ada tipu muslihat yang licik, dirancang oleh orang-orang Yahudi untuk membunuh Paulus di tengah jalan pada waktu Paulus dimohon untuk dihadapkan pada Mahkamah Agama Yahudi. Ada sekitar 40 orang yang bersumpah tak akan makan dan minum sebelum membunuh Paulus di jalanan (ayat 12-15)

Anak muda keponakan Paulus mengetahui rencana jahat dan licik tersebut, melaporkan itu kepada Paulus dan kepada kepala pasukan Romawi dan menyampaikan pesan:”Jangan mengijinkan Paulus dibawa ke Mahakamah Agama karena ada rencana jahat orang Yahudi yang telah bersumpah tersebut.” (ayat 16-21). Secara rahasia, Paulus dikirimkan oleh kepala pasukan itu dengan surat pengantarnya. Paulus akan dikawal ketat oleh sejumlah besar tentara yang akan membawanya kepada gubernur Feliks, dan Paulus akan diadili di Kaisaria (ayat 22-35)

Paulus beberapa kali lolos dari rencana pembunuhan yang mengancam dirinya dalam pemberitaan injil. Tuhan dalam kedaulatan kuasaNya dan dengan caraNya sendiri menyelamatkan Paulus. Dalam perikop ini kita melihat seorang muda keponakan Paulus dipakai oleh Tuhan menjadi agen penyelamatan bagi Paulus, demikian juga Kepala Pasukan penyelamat dan pengawal Paulus yang menjalankan tugasnya dengan bijaksana.


Ya, Tuhan Yesus, beranikanlah orang-orang yang Tuhan percayakan tugas penyelamatan dan menegakkan keadilan dan perlindungan hukum, mau menunaikan tugasnya dengan tepat. Amin