PETUNJUK DARI TUHAN LEBIH JITU DARI PETUNJUK YANG BERASAL DARI KEAHLIAN MANUSIA

27 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : KISAH 27:1-25


Dalam statusnya sebagai tahanan, Paulus dibawa bersama tahanan lain yang akan di hadapkan pada kaisar di Roma. Paulus dikawal oleh Yulius seorang perwira dan pasukan kaisar. Paulus ditemani oleh Aristarkus seorang Makedonia dari Tesalonika (ayat 1-8). Paulus mengingatkan pada pimpinan pelayaran agar menunda keberangkatan. Jika tidak, mereka akan mendapatkan kesukaran dan kerugian besar karena muatan kapal dan bahkan dapat membahayakan nyawa penumpang kapal tersebut. Tetapi perwira itu lebih percaya pada nasihat jurumudi dan nahkoda ketimbang nasihat Paulus. Sehingga pelayaran dilanjutkan, dan akhirnya petaka yang pernah dinyatakan oleh Paulus itu benar-benar terjadi (ayat 9 – 21)

Setelah 14 hari kapal tersebut terombang-ambing di tengah lautan, Paulus mendapatkan pernyataan dari Tuhan melalui malaikatNya:”Hendaklah mereka tetap tabah hati, tak ada orang yang akan binasa kecuali kapal ini. Orang dalam kapal ini akan selamat karena aku. Aku diperintahkan untuk tidak takut, dan harus menghadap kaisar.” (ayat 22 – 24) Paulus meyakinkan orang di kapal, bahwa yang dinyatakan oleh Allah itu pasti akan terjadi (ayat 25)

Melalui kesaksian Paulus dan digenapinya penyataan Allah yang ditunjukkan pada Paulus dan disampaikan pada orang-orang yang dalam kapal itu; kuasa Yesus sang Mesias itu dinyatakan kebenaran-Nya.


Ya, Tuhan Yesus, lengkapilah para pemberita injil dengan pernyataan Allah yang disingkapkan dan jadi berkat bagi para pendengar yang menaati firman-Nya. Amin