KASIH ALLAH TERBESAR DINYATAKAN KEPADA MANUSIA MELALUI PUTRANYA

31 Juli 2017 oleh Pdt. Herman Soekahar, M.Th

church event

Baca Sekarang : ROMA 1: 1 – 32


Mengingat akan pengalaman dirinya berhadapan dengan Yesus Kristus, sang Mesias dari Allah yang pernah ditentang dan dilawannya, Paulus bersaksi akan kebaikan Allah yang dinyatakan di dalam Kristus.

Paulus dipanggil untuk menjadi rasul dan hamba Kristus untuk memberitakan injilNya menuntun semua bangsa supaya mereka percaya dan taat pada Yesus (ayat 1-5). Kamu yang di Roma juga telah dipanggil jadi milik Kristus, dan dijadikan orang kudus (ayat 6-7)

Paulus menyatakan syukurnya kepada Allah atas kesempatan melayani Tuhan dan atas iman jemaat Roma yang bertumbuh dan termasyur di seluruh dunia (ayat 8). Kerinduan Paulus yang terhalang untuk dapat bersekutu bersama jemaat Roma yang pernah dirintis dan dilayaninya tersebut dinyatakan dalam surat Roma ini (ayat 9 – 13)

Terhadap kasih karunia Allah yang besar yang telah dinyatakan pada Paulus melalui Yesus Kristus, Sang Mesias yang pernah ditentangnya dan kini Dia mau memakai Paulus jadi Rasul-Nya; Paulus rasa berhutang budi kepada Tuhan maupun kepada manusia, baik itu kepada orang Yunani, atau pun bukan Yunani, orang terpelajar maupun orang tidak terpelajar, ketika dia menjadi tahanan di Roma waktu akan menghadap pada pengadilan kaisar. Alasan itu juga memotivasi dirinya mencari kesempatan ke Roma (ayat 14-15).

Kasih karunia Allah yang dinyatakan di dalam diri Yesus Kristus, sang Mesias, yang telah dialaminya dan juga dialami oleh orang berdosa yang menantikan hukuman Allah, kini beroleh pengampunan dosa melalui penebusan dan pengorbanan Kristus sang Mesias; itu memotivasi Paulus untuk memberitakan injil (ayat 16-32).

Rasa bersyukur pada Allah karena karya penebusan Kristus tersebut hendaknya mendorong dan memotivasi mereka yang telah menerima keselamatan dalam Kristus untuk memberitakan injil.


Ya, Tuhan Yesus, kiranya anugerah penyelamatan Kristus yang sudah diterima oleh orang Kristen akan kuat memotivasi mereka untuk memberitakan injil. Amin