DENGAN PEDANG ROH MELAWAN TIPU MUSLIHAT IBLIS

09 Juni 2017 oleh Bpk. Thung Shang U

church event

Baca Sekarang : Matius 4: 1-10


Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" – Matius 4: 10

Tuhan Yesus sebelum memulai misi pelayananNya, iblis mencobai Dia dengan bermacam cara ingin menggagalkan misi penyelamatanNya bagi umat manusia. Iblis membawaNya ke atas gunung yang sangat tinggi dan memperlihatkan kepadaNya semua kerajaan dunia dengan kemengahannya dan berkata kepada-Nya: "Semua itu akan kuberikan kepada-Mu, jika Engkau sujud menyembah aku." Maka berkatalah Yesus kepadanya: "Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!" (Mat 4: 9-10). Tuhan Yesus datang ke dunia sebagai manusia, tapi Dia tidak tergoda oleh kemegahan dan kemewahan dunia. Dengan memakai Firman Allah sebgai senjata menggagalkan godaan dan pencobaan dari iblis.

Iblis adalah roh jahat yang paling picik, bermacam-macam tipu muslihat telah membuat banyak orang tidak mau percaya Injil, juga membuat anak Tuhan cinta dunia, tidak ada kerinduan terhadap Firman Alllah bahkan meninggalkan Tuhan. Bagaimana untuk melawan tipu muslihat iblis? Dari pengalaman Tuhan Yesus melawan pencobaan iblis, kita dapat pelajaran penting. Setiap kali iblis mencobai Tuhan Yesus, Tuhan Yesus selalu menggunakan Firman Allah untuk menangkis cobaan iblis. Karena Firman Allah adalah pedang roh, satu senjata Allah yang ampuh melawan tipu muslihat iblis.

Di akhir zaman ini, iblis tahu kesudahannya sudah dekat (Wahyu 20: 10), dia semakin memperhebat tipu muslihatnya untuk menyesatkan lebih banyak orang lagi supaya binasa bersama-sama dia. Belakangan ini, muncul banyak karangan dan tulisan yang tampaknya benar tetapi sebenarnya salah; yang memutar balikkan fakta; merendahkan keilahian Tuhan Yesus, ada orang-orang yang akan binasa rela menjadi alat iblis, memperbanyak tulisan ini untuk dibagi-bagikan. Anak-anak Tuhan hendaknya berwaspada, rajin mengikuti doa pagi di Gereja yang belajar Firman Tuhan secara sistematis, sangat besar manfaatnya, sayang yang hadir hanya sedikit orang! Juga rajin mengikuti persekutuan Sel Grup untuk pemahaman Alkitab, membangun diri di atas dasar iman (Yudas 1: 20) dan Firman Allah, sehingga semakin hari semakin mengenal Tuhan, baru tidak diombang-ambingkan oleh rupa-rupa angin pengajaran yang menyesatkan, bisa setia mengikut Tuhan.


Ya, Tuhan Yesus, kami tahu bahwa iblis sudah semakin dekat, kami mohon agar Engkau bimbing kami agar kami lebih rajin lagi membaca Firman Tuhan agar kami semakin mengenalMu karena kami tahu Firman Allah adalah senjata yang ampuh untuk melawan tipu muslihat iblis. Amin