Bila Namaku dipanggil ku ada

02 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang : Ezra 2 : 1 - 70


Inilah orang-orang propinsi Yehuda yang berangkat pulang dari pembuangan, yakni para tawanan, yang dahulu diangkut ke Babel oleh Nebukadnezar, raja Babel, dan yang kembali ke Yerusalem dan ke Yehuda, masing-masing ke kotanya. - Ezra 2:1

Judul tema hari ini terambil dari sebuah lagu rohani sekolah minggu berjudul “Bila Bunyi Sangkakala Ku Ada”. Lagu ini mengisahkan tentang kegirangan semua umat Tuhan pada saat Hari Tuhan (baca: kiamat) tiba karena nama mereka sudah tercatat di surga. Nama mewakili satu pribadi di dalam kehidupan di dunia ini. Pada satu sisi nama itu merupakan satu hal yang penting tapi juga bikin pening. Jika tidak percaya, tanyakan kepada keluarga muda yang sebentar lagi akan mendapat anggota baru di dalam keluarga mereka dalam bentuk kelahiran. Kesibukan berikutnya tentu bisa ditebak, mencari nama yang cocok, baik untuk sang anggota baru ini. Ada yang kemudian mencarinya di buku nama-nama bayi beserta artinya, ada pula yang mengambilnya dari tokoh yang ada di Alkitab.

Nama merupakan pemberian pertama dari orang tua kepada anaknya, itu sebuah peristiwa penting. Namun terlebih penting lagi adalah apakah nama itu juga termasuk dalam bilangan orang-orang yang mendapatkan kehidupan kekal di surga kelak. Narasi dari Kitab Suci hari ini memuat kejadian yang luar biasa, bagaimana mereka yang sebelumnya mengalami pembuangan, ditawan ke negeri asing mengalami pemulihan dan dikembalikan pada tanah air mereka. Ini merupakan peristiwa yang membawa sukacita besar dan patut untuk dirayakan karena mengalami pembebasan dari penjajahan.

Pertanyaan yang kemudian muncul, bagaimana dengan setiap kita hari ini? Jika Tuhan membuka buku kehidupan, akankah nama kita tercantum di dalamnya sebagai kumpulan orang yang turut serta dalam kebahagiaan Tuannya? Atau sebaliknya masuk dalam kumpulan orang-orang yang tersingkirkan dan masuk dalam kematian yang kekal?


Tuhan kami rindu agar nama kami dipanggil masuk dalam kehidupan yang kekal ketika sangkakala Allah terdengar! Mampukan kami agar selalu setia dalam setiap aspek kehidupan kami, Amin.