Hidup itu Tidak Mudah

04 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang : Ezra 4 : 1 - 24


Maka penduduk negeri itu melemahkan semangat orang-orang Yehuda dan membuat mereka takut membangun. - Ezra 4 : 4

Niat baik tidak selalu mendapat respon positif. Ketika bangsa-bangsa lain mendengar bahwa orang Yehuda ingin membangun Bait Suci maka mereka berusaha menggagalkan pembangunan Bait Suci. Mereka berusaha melemahkan semangat bahkan menciptakan teror bagi orang Yehuda. Mengapa mereka berusaha sekuat tenaga untuk melemahkan semangat orang Israel yang hendak membangun kembali Bait Suci? Mereka melakukan hal itu karena tawaran membantu pembangunan Bait Suci ditolak oleh Zerubabel. Adapun alasan Zerubabel menolak tawaran itu karena urusan membangun Bait Suci adalah urusan umat Tuhan sendiri dan bukan urusan bersama dengan mereka (ay. 3). Siapa sesungguhnya “mereka”? Kemungkinan, mereka ini adalah keturunan Yahudi yang kawin campur dengan bangsa-bangsa asing yang dibawa orang-orang Asyur ke negeri itu (2Raj. 17:24 dst). Maka para pemimpin umat Tuhan waktu itu yaitu, Zerubabel, Yesua dan para kepala kaum keluarga orang Israel, sangat waspada terhadap tawaran relawan-relawan itu. Karena mungkin saja mereka bekerja untuk musuh.

Pelajaran rohani yang bisa kita petik hari ini adalah “jangan mudah menyerah”. Bahwa hidup itu tidak mudah kepada kita maka kita pun harus bersikap tidak mudah juga kepada hidup, tidak mudah menyerah tentunya! Kita tidak bisa berharap langit selalu biru atau hujan akan turun seturut kehendak kita. Tapi satu yang pasti adalah selama kita tidak menyerah maka setiap kemajuan merupakan sesuatu yang berarti, meski pun hanya satu langkah yang bisa kita torehkan.


Tuhan kami menyadari bahwa hidup itu tidak mudah. Kami tidak berdoa agar diberikan kemudahan tetapi berikanlah kami kekuatan untuk melewati semuanya itu dan sertailah kami dalam setiap liku kehidupan kami, Amin!