Bersikap Hormat

06 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang : Pengkhotbah 5 : 6-17


Oleh sebab itu, jikalau dianggap baik oleh raja, maka hendaklah diadakan penyelidikan di dalam gedung perbendaharaan raja, di sana, di Babel, apakah pernah dikeluarkan perintah oleh raja Koresh. — Ezra 5 : 17

Hormat merupakan perilaku yang terpuji dan seharusnya dikembangkan oleh setiap orang. Melaluinya ada banyak kebaikan yang akan kita dapatkan. Sebagai contoh, pada saat bupati yang berkuasa di wilayah mereka meragukan apakah bangsa Israel diizinkan untuk melaksanakan keinginan mereka itu, sehingga ia pun mengirimkan surat kepada Raja Darius. Dalam suratnya, bupati itu melaporkan bahwa ia mendapati orang-orang Yahudi sedang membangun rumah Allah dan ia mempertanyakan izin mereka untuk melakukan pembangunan tersebut. Surat itu juga mencatat sikap bangsa Israel yang dengan hormat menyampaikan bahwa mereka memang pernah diberi izin pembangunan, melalui perintah yang dikeluarkan oleh raja terdahulu, yaitu Raja Koresh. Ketika Raja Darius menelusuri hal tersebut, ia menemukan bahwa memang benar Raja Koresh pernah memberikan izin. Maka Darius tidak hanya memberikan izin, tetapi juga mendanai pembangunan rumah Allah itu (lihat 6:1-12).

Ada keluhan bahwa anak muda jaman sekarang mulai meninggalkan sikap hormat dan menganggap setiap orang itu sama dan sejajar. Memang di mata Tuhan semua orang memiliki kedudukan yang sejajar. Namun salah kaprah jika karena itu kita tidak bersikap hormat dalam berperilaku. Belajarlah dari orang Israel bagaimana mereka menghormati otoritas yang di atas mereka sehingga mereka tidak dipersulit oleh pihak yang berotoritas. Hendaknya hal ini dapat diterapkan dalam lingkungan sekolah, kerja, dan usaha. Di dalam memberi hormat kepada orang lain kita akan mendapatkan hormat dari orang lain pula. Karena sesungguhnya di dalam memberi kita akan menerima juga.


Tuhan ajarkan kami untuk dapat menghargai dan menghormati otoritas yang berada di atas kami mau pun juga ketika kami berada dalam posisi di atas. Terutama ajarkan kami agar dapat menghormati Tuhan dengan tulus hati, Amin.