Tindakan Iman: Berpuasa

09 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang : Ezra 8 : 1-36


Jadi berpuasalah kami dan memohonkan hal itu kepada Allah dan Allah mengabulkan permohonan kami. - Ezra 8 : 23

Pernahkah orang Kristen berpuasa? Jika ya, kapankah mereka berpuasa? Pertanyaan ini pernah ditanyakan seseorang kepada penulis. Sehubungan dengan berpuasa maka seyogyanya Alkitab tidak memerintahkan orang-orang Kristen untuk berpuasa. Puasa bukanlah sesuatu yang dituntut atau diminta Allah dari orang Kristen. Meski pun demikian Alkitab memperkenalkan puasa itu sebagai sesuatu yang baik, berguna dan perlu dilakukan. Kisah Para Rasul mencatat tentang kisah orang-percaya yang berpuasa sebelum mereka mengambil keputusan-keputusan penting (Kisah Para Rasul 13:4; 14:23). Doa dan puasa memiliki keterkaitan yang erat (Lukas 2:37; 5:33).

Kegagalan kita mengerti bahwa berpuasa hanyalah aktivitas menghentikan makan semata. Padahal, tujuan dari berpuasa adalah menanggalkan keduniawian dan memusatkan diri hanya kepada Allah. Ezra memilih untuk berpuasa dan berharap kepada Allah daripada bersandar kepada bala tentara dan berkuda raja. Menurut penulis hal yang sedemikian merupakan langkah yang tepat dan bijak, berharap kepada Tuhan yang tidak pernah mengecewakan manusia ketimbang berharap kepada manusia yang seringkali ingkar dan mengecewakan.

Berpuasa bukanlah kewajiban sebagai tanda bahwa kita adalah orang Kristen yang saleh melainkan sebuah hak istimewa bagi umat Tuhan dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini. Jika demikian adanya, sudahkah kita mempergunakan hak yang diberikan kepada Tuhan secara tepat?


Tuhan, waktu kami takut maka kami datang dan menghampiri takhta kasih karunia-Mu. Janganlah tinggalkan kami seorang diri ya Tuhan, dengarlah seru dan permohonan kami , Amin.