Raja Orang Yahudi

15 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang : Markus 15 : 1-26


Dan alasan mengapa Ia dihukum disebut pada tulisan yang terpasang di situ: "Raja orang Yahudi". - Markus 15:26

Pernahkah saudara melihat lukisan Tuhan Yesus saat disalibkan, yang mana diatasnya bertuliskan “INRI”. Tulisan INRI adalah huruf-huruf singkatan dari kata-kata Latin yaitu: IESVS•NAZARENVS•REX•IVDÆORVM (Baca:Iesus Nazarenus, Rex Iudaeorum), yang berarti "Yesus orang Nazaret, Raja orang Yahudi"), sengaja ditaruh oleh Pontius Pilatus dengan maksud untuk mengolok dan menghina.

Bagi pemimpin-pemimpin agama Yahudi, penyaliban Yesus di kayu salib adalah kemenangan bagi mereka, padahal sebenarnya olokan itu makin mensejajarkan Kristus dengan Raja Daud, Sang Raja Israel. Tanpa sadar mereka telah menggenapi nubuatan yang tecantum dalam mazmur 22 :7-8: “Semua yang melihat aku mengolok-olok aku, mereka mencibirkan bibirnya, menggelengkan kepalanya: (a.7) "Ia menyerah kepada TUHAN; biarlah Dia yang meluputkannya, biarlah Dia yang melepaskannya! Bukankah Dia berkenan kepadanya?" (a.8)

Tuhan Yesus tidak gagal di atas kayu salib, justru saat itu Ia membuktikan kebenaranNya. Bukankah di atas salib itu justru Ia disebut Raja Israel sesuai nubuat Kitab Suci? Dan melalui pengorbanan-Nya di atas kayu salbi itulah maka keselamatan dari Yesus Sang Raja Damai menjadi efektif. Marilah kita persembahkan segala hormat dan pujian kepada Raja di atas segala Raja, Yesus Kristus Raja Damai.


Tuhan yang adalah Raja Damai, berilah kedamaian-Mu bagi setiap kami hari ini, biarlah damai yang melampaui akal dan pikiran manusia boleh berdiam di dalam hati kami, Amin.