Dikasihi Allah dan Manusia

22 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang : Lukas 2 : 25-52


Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia. - Lukas 2:52

Salah satu ciri mahluk hidup adalah: bertumbuh. Jadi ketika dikatakan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya disana mengindikasikan bahwa Yesus benar-benar hidup dan hadir di dunia ini. Mengapa penulis Injil Lukas memberikan catatan yang sedemikian? Karena ingin menegaskan hal-ihwal Yesus bukanlah tokoh imajiner.

Menjadi besar merupakan satu hal, menjadi berhikmat serta makin dikasihi baik oleh Allah dan manusia merupakan satu hal yang lain lagi. Bahwa makin bertambah besar dan hikmat serta dikasihi menunjukkan adanya pertumbuhan secara maksimal dan proporsional. Yesus tidak hanya mengalami pertumbuhan fisikal, intelektual dan empatinya pun bertumbuh secara maksimal.Dikasihi oleh Allah dan manusia mengindikasikan dua hal, Yesus bertumbuh secara maksimal dalam aspek sosial. “makin dikasihi oleh manusia.” Kehadiran-Nya selalu dinantikan oleh siapa saja. Yesus bertumbuh maksimal dalam aspek rohani, Ia “makin dikasihi oleh Allah.” Bagian pertumbuhan yang terakhir ini yang terpenting, karena kita ini diciptakan Allah maka kita harus mendapat perkenanan dan dikasihi Allah.

Banyak orang mementingkan hal yang tidak terlalu penting sehingga hal terpenting pun jadi terabaikan. Firman Tuhan pagi ini menolong kita untuk menjadi manusia Kristen yang bertumbuh secara maksimal dan proporsional. Pertanyaannya: sudahkah kita bertumbuh seperti Yesus bertumbuh?


Tuhan, kami bersyukur bahwa Kristus sungguh-sungguh menjadi manusia. Bahwa Engkau bersedia menjalani semua-nya ini menunjukkan kepada kami bukti betapa besar kasih Allah kepada kami. Terima kasih Tuhan, Amin