Mempersiapkan jalan untuk Tuhan

23 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang : Lukas 3


seperti ada tertulis dalam kitab nubuat-nubuat Yesaya: Ada suara yang berseru-seru di padang gurun: Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. Lukas 3 : 4

Figur Yohanes Pembaptis memainkan peranan yang penting dalam sejarah keselamatan Allah bagi umat manusia. Yohanes Pembaptis inilah akan mempersiapkan suatu umat bagi Kristus. Kemunculan Yohanes Pembaptis dapat diibaratkan seperti kedatangan seorang utusan untuk mengumumkan kedatangan sang Raja. Dia mendahului Sang Raja untuk mempersiapkan rakyatnya menyambut sang raja yaitu Yesus Kristus.

Yohanes Pembaptis memulai era baru yang telah lama dinanti-nantikan para nabi, berita Yohanes bertujuan mempersiapkan umat Israel menyambut Mesias. Sambutan yang tepat bagi Mesias adalah membuka hati untuk-Nya. Tugas Yohanes adalah menyiapkan hati manusia yang seolah jalan yang jelek menjadi siap untuk dijalani. Yohanes langsung menunjuk pada kebutuhan mendasar mereka saat itu, yaitu pertobatan.

Beberapa waktu yang lalu, Raja Salman dari kerajaan Arab Saudi berkunjung ke Indonesia dalam rangka berlibur. Persiapannya dalam rangka menyambut kedatangannya pun tidak main-main. Itulah perlakuan yang seharusnya diterima oleh seorang raja, apalagi Raja di atas segala raja. Permenungan kita hari ini, sudahkah kita siap dan mempersiapkan diri sebaik-baiknya dalam rangka menyambut kedatangan Yesus yang kedua sebagai Raja Agung.


Tuhan sadarkanlah kami bahwa waktu kedatangan-Mu sebagai Raja sudah teramat dekat, tolonglah kami agar dapat meneladani Yohanes Pembaptis dalam hal mempersiapkan kedatangan-Mu yang kedua kali, Amin.