Momentum sebuah Iman

27 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang :Lukas 5 : 17-39


Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia:"Hai saudara, dosamu sudah diampuni." - Lukas 5:20

Firman Tuhan hari ini menceritakan seorang lumpuh dan beberapa teman yang setia. Itulah yang disebut sebagai kawan yang setia atau singkatnya disebut setia kawan. Mengapa demikian? Karena mereka membawanya di atas tempat tidurnya dan segala sesuatunya untuk bertemu dengan Yesus agar orang yang lumpuh ini dapat menjadi sembuh. Peristiwa ini menggugah hati Yesus bukan karena iman dari orang lumpuh itu sendiri melainkan kesediaan kawan-kawan yang setia kawan ini untuk berjerih-lelah dan percaya bahwa sepulangnya mereka dari berjumpa Yesus, kawan mereka yang lumpuh ini dapat disembuhkan.

Namun bukan berarti tidak ada aral yang merintang, Karena orang banyak yang berkerumun, mereka tidak bisa mendekati Yesus. Hingga muncullah “alternatif ganjil” di mana mereka membongkar atap rumah dan mengangkat orang lumpuh tersebut ke atas lantas menurunkannya, dan pada akhirnya bertemu dengan Yesus secara langsung. Yesus menjadi terharu atas kesetiakawanan mereka sehingga tidak hanya menyembuhkannya dari kelumpuhannya bahkan dosanya pun diampuni.

Seringkali kita datang kepada Tuhan dan memohon pertolongan akan hal-hal yang bersifat jasmani dan lahiriah. Pernah terpikirkan oleh kita bahwa hal yang paling mendesak dan mendasar adalah dosa kita sendiri? Belajar dari kejadian orang lumpuh dan sahabatnya yang setia kawan kita akan kebutuhan yang terutama adalah pengampunan dari Tuhan. Dan jalan untuk mendapatkan pengampunan tidak lain adalah datang dan beriman kepada Yesus Kristus.


Tuhan berikanlah kami iman dan keberanian untuk menghampiri-Mu dan dipulihkan dari segala dosa dan kekhilafan kami, Amin.