Beriman dan Berbuat Baik

28 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang :Lukas 6 : 1-26


Lalu Yesus berkata kepada mereka: "Aku bertanya kepada kamu: Manakah yang diperbolehkan pada hari Sabat, berbuat baik atau berbuat jahat, menyelamatkan nyawa orang atau membinasakannya?" - Lukas 6:9

Iman yang sejati memiliki keterkaitan yang erat dengan berbuat baik. Jikalau tidak demikian adanya, sesungguhnya iman itu harus dipertanyakan. Suatu kali seorang perawat yang merupakan rekan kerja Dr. Vincentius Paulo membawakan makanan kepada seorang pasien yang selalu bikin ulah. Ketika ia memberikan sebutir telur kepada pasien itu, pasien itu malah melemparkan telur itu kepadanya. Namun, perawat itu tidak putus asa. Ia mengelap mukanya kemudian kembali memberikan sebutir telur. Sayangnya pasien itu melakukan hal yang sama. Untuk ketiga kalinya, perempuan itu memberikan sebutir telur lagi sambil berkata, “Tolong jangan lakukan itu. Saya mengasihi engkau sebagai saudara.” Orang itu heran dan menjawab, “Siapakah yang mengajari engkau berbuat seperti ini?” Lalu perawat itu menunjukkan salib yang ada di lehernya dan menjelaskan, “Yesus, Sang Guruku.” Pasien yang kebetulan seorang Atheis itu berkata, “Agama yang mengajarkan kasih dan kebaikan yang demikian pasti datangnya dari Allah.”

Jika menyaksikan tingkah pola dari sekelompok orang yang menganggap dirinya lebih religius atau beriman namun berupaya dengan keras untuk menjegal Yesus dan murid-muridnya. Dimulai dari mengkritisi hal-ihwal murid-murid yang memetik gandum dan memakannya di hari sabat, mempersalahkan Yesus karena menyembuhkan orang yang mati tangan kanannya pada hari sabat.

Pelajaran rohani hari ini mengajarkan kepada kita bahwa jika kita ingin beriman dengan benar maka kita harus berbuat baik bagi sesama. Iman dan perbuatan baik merupakan pasangan yang tidak terpisahkan. Jadi janganlah lupa mengusahakan kebaikan bagi orang-orang di sekitar kita terutama saudara-saudara seiman kita.


Tuhan ajarkanlah kami bahasa kasih-Mu sehingga kami dapat berbuat baik dan mengusahakan yang terbaik bagi sesama kami, Amin.