Iman Seorang Perempuan Berdosa

31 Maret 2017 oleh GI. Budi Dermawan

church event

Baca Sekarang : Lukas 7 : 31-50


Tetapi Yesus berkata kepada perempuan itu: "Imanmu telah menyelamatkan engkau, pergilah dengan selamat!" - Lukas 7:50

Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk melihat apakah iman itu sesungguhnya. Tokoh yang hadir dalam Narasi Suci hari ini menghadapkan antara seorang Farisi dengan seorang perempuan yang “terkenal” sebagai seorang berdosa. Reputasi antara seorang Farisi dan seorang perempuan dengan sisipan kata “terkenal”.

Perbedaaan reputasi maka akan menghasilkan perbedaan pendekatan. Pendekatan seorang Farisi ini dalam menghampiri Yesus adalah pendekatan yang “sejajar” bahkan sedikit lebih di atas karena orang Farisi ini adalah tuan rumah yang menjamu sang tamu. Sementara itu seorang perempuan dengan reputasinya yang “terkenal” akan keberdosaannya menghampiri Yesus dengan pendekatan yang “merendah” karena menyadari bahwa ia hanyalah seorang berdosa.

Pendekatan yang berbeda kepada Tuhan Yesus mengakibatkan hasil yang berbeda pula. Selesai dari perjamuan makan, perempuan itu keluar sebagai orang yang telah dibenarkan dan diselamatkan. Tidak peduli orang-orang mencemoohkan dirinya, namun yang terpenting Yesus Kristus telah menyatakan bahwa ia telah mendapatkan keselamatan dan pengampunan dosa atas “keterkenalannya” itu.

Marilah kita belajar dari perempuan yang terkenal ini dengan pendekatan yang “merendah” karena sesungguhnya diri kita adalah manusia yang penuh dengan dosa dan menghampiri Tuhan dengan segenap kerendahan hati kita.


Tuhan ajarkan kami untuk memiliki hati dan sikap yang selalu merendah di hadapan Allah yang Maha Tinggi, Amin.