Bukan Persaingan

11 Mei 2017 oleh Sdri. Chandra Tuspitasari

church event

Baca Sekarang : Yohanes 1 : 35-42


“kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus.” - Yohanes 1:37

Ketika Yohanes tampil dipadang gurun Yudea dan menyerukan pertobatan yang ditandai dengan baptisan, datanglah kepadanya penduduk dari Yerusalem, dari seluruh Yudea dan dari seluruh daerah sekitar Yordan, mereka menjadi pengikutnya. Kemudian muncullah Yesus dan mengajar didepan umum. Keberadaan mereka yang nyaris bersamaan membuat banyak orang mengira bahwa Yesus adalah saingan bagi Yohanes.

Namun tidak demikian. Yohanes menyebut dirinya sebagai “suara” yang mempersiapkan jalan bagi Tuhan (Yoh 1:23). Ketika orang-orang menduga bahwa Ialah sang Mesias, dengan lepas ia menyangkalnya. Ia hanya seorang perintis jalan bagi kedatangan Kristus. Tidak heran, ketika Yohanes melihat Yesus, ia menjelaskan bahwa Dia inilah domba Allah yang menanggung dosa dunia melalui pengorbanan dan kematian-Nya. Yohanes pun merelakan murid-muridnya meninggalkannya agar mereka mengikut Yesus. Salah satunya adalah Andreas, yang kemudian menjadi rasul Kristus.

Sebagai orang percaya, kita diperintahkan untuk memberitakan karya keselamatan Kristus kepada semua bangsa. Ketika seseorang bertobat melalui pelayanan kita, terkadang ada godaan yang menjadikan mereka murid kita. Ini tidak salah, namun yang paling utama adalah mereka menjadi murid Kristus. Jika mereka perlu meninggalkan kita agar dapat mengenal dan menerima Kristus dengan lebih baik, kita harus merelakannya. Karena kita bukanlah saingan Kristus, melainkan petunjuk jalan agar mereka datang kepada-Nya.

“sebagai petunjuk jalan, mestinya kita bersukacita ketika melihat orang-orang menemukan Kristus.”


Tuhan Yesus, sebagai orang percaya yang beriman kepada-Mu, tolonglah gereja-gereja-Mu agar dapat bersatu melayani pekerjaan-Mu di dunia ini. Bukan merasa lebih benar dan lebih baik satu dengan yang lain hingga muncul banyak perpecahan. Jadikanlah gereja-Mu bersatu menjadi berkat bukan saja bagi orang-orang didalam-Nya tetapi juga bagi orang lain yang belum mengenal Engkau. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin