Hati yang Diubahkan

16 Mei 2017 oleh Sdri. Chandra Tuspitasari

church event

Baca Sekarang : Ezra 1 : 1-11


“pada tahun pertama zaman Koresh, raja negri Persia, TUHAN menggerakkan hati Koresh, raja Persia itu,” - Ezra 1:1

September 1922 tentara Turki menguasai Smirna. Terjadi pembantaian keji atas ribuan orang. Kota dibakar, para pelarian terdesak ke pantai dan mautpun siap mengintai. Asakent Jenning seorang pria bersahaja yang sedang mendirikan pos pertolongan pertama bagi para wanita hamil segera bertindak. Dengan bantuan personil mariner Amerika, diaturnya evakuasi. Selama 7 hari menyelamatkan seperempat juta jiwa dari penjagalan nyawa. Atas keberaniannya itu, Jenning berkata, “saya merasa seperti tangan Tuhan berada di pundak saya.” Tuhanlah yang menggerakkan hatinya.

Setelah 70 tahun berada di pembuangan, umat Tuhan mendengar kabar yang tidak pernah disangka. Penguasa baru dari kerajaan Persia, Koresh, mengijinkan mereka kembali ke Yerusalem dan membangun kembali bait suci yang telah runtuh. Aneh, sukar dipercaya, tetapi nyata. “Tuhan menggerakkan hati Koresh. Dukungan dan bala bantuan pun mengalir. Mereka yang berangkat dari dalam peristiwa yang dikenal sebagai Keluaran Baru itu pun hatinya “digerakkan Allah.” (ay 5)

Ada banyak perubahan yang terjadi dalam hidup ini bergantung pada hati manusia. Oleh karenanya tak jarang terasa mustahil. Kekerasan hati pasangan, kenakalan seorang anak, kecanduan obat, pemerintahan yang bobrok, akan tetapi bagi Tuhan tidak ada yang mustahil. Tuhan sanggup menggerakkan hati siapapun untuk berubah atau memprakarsai suatu perubahan. Mengapa berhenti percaya pada-Nya? jika hati telah diubahkan oleh-Nya maka hal yang tak terbayangkan pun bisa terjadi.

“siapapun pasti akan berubah jika Tuhan telah membuat hatinya terjamah”


Tuhan Yesus, masuklah dalam hatiku tinggallah selalu dalam hidupku agar aku dapat terus hidup sesuai seturut kehendak-Mu. Jika pilihan-pilihan dan keputusan yang aku ambil telah membuat aku jatuh dalam dosa dan membuat relasiku dengan-Mu m menjadi tisak baik, Tuhan tolonglah aku kembali kedalam kebenaran-Mu. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin