Damai dari Diri Sendiri

17 Mei 2017 oleh Sdri. Chandra Tuspitasari

church event

Baca Sekarang : Mazmur 34 : 12-15


“carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya.” - Mzm 34:15

Hampir semua orang mengharapkan dan merindukan perdamaian. “hampir”, karena banyak juga yang tidak menyukai damai. Bagi mereka, ketidakdamaian itu merupakan suatu peluang untuk meraup keuntungan-keuntungan financial, politis dll. Bahkan, derita sesama pun bisa mereka anggap sebagai sebuah keuntungan.

Dalam sebuah lagu lama, Tika Bisono, berkeluh kesah “damai, damai, damai, kapankah datangmu? Aku rindu…..!

Lagu itu mewakili kerinduan orang akan damai. Tetapi, disana terasa ada ketidakpastian kapan damai itu akan datang. Bahkan, justru tersirat pesimisme apakah damai akan sungguh-sungguh hadir?

Tuhan bersabda, “carilah perdamaian dan berusahalah mendapatkannya.” Merindukan damai tentu saja baik, tetapi tidak cukup. Damai harus dicari, damai harus diusahakan. Kehadiran damai harus terus diperjuangkan. Memperjuangakan perdamaian tentu merupakan hal yang sulit dan ada persyaratan yang diperlukan antara lain: tiap orang harus memiliki dan menghidupi relasi yang baik dengan orang lain, alam, diri sendiri dan Tuhan. Kesulitan akan semakin parah karena kita mudah mewajibkan pemenuhan syarat-syarat itu pada orang lain dan membebaskan diri kita dari kewajiban itu. Tragisnya….. karena orang lain berfikir serupa, maka peluang terpenuhinya syarat-syarat perdamaian makin tipis. Damai pun makin jauh.

Tetapi firman Tuhan di atas ditujukan kepada semua orang, kepada setiap orang juga kepada kita. Maka, kita harus menjadi salah satu orang yang ikut membawa damai. Syarat di atas dapat dimulai dari diri kita sendiri dan jangan hanya menuntut orang lain.

“biarlah damai hadir dibumi, dan biarlah itu dimulai dari saya.”


Tuhan Yesus, jadikanlah aku pembawa damai dimuka bumi ini, setidaknya untuk orang-orang yang ada disekitarku terlebih dahulu. Tolonglah akuaa untuk hidup dalam perdamaian kepada semua orang sehingga melalui aku, Engkau pakai hidupku menjadi berkat bagi banyak orang. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin