Tetap Bersyukur

21 Mei 2017 oleh Sdri. Chandra Tuspitasari

church event

Baca Sekarang : Kolose 3 : 5-17


“Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur melalui Dia kepada Allah, Bapa kita.” - Kolose 3 : 17

Pak Budi dan istrinya (bukan nama sebenarnya) sudah menikah selama belasan tahun, namun belum dikaruniai anak. Mereka sudah mengupayakan berbagai cara untuk bisa memiliki anak kandung, tetapi hasilnya nihil. Akan tetapi mereka tampak selalu bahagia dan bersyukur dalam hidupnya. Apa rahasianya? Rahasianya adalah mempercayakan semuanya pada Tuhan. Mereka menerima rencana Tuhan dan percaya bahwa rencana-Nya itu yang terbaik. “Toh kami bisa mengasihi anak-anak lain yang tidak punya orang tua.” Mereka mengadopsi beberapa anak Yatim Piatu.

Ya, bagaimana ketika rencana atau keinginan tidak dikabulkan Tuhan? Saat itulah Tuhan sedang melatih kita untuk berserah kepada-Nya. Firman Tuhan mengajarkan kita agar saat melakukan segala sesuatu, kita dapat melakukannya dalam nama Tuhan Yesus dan dengan terus mengucap syukur. Meskipun rencana kita tidak terwujud dan keinginan kita tidak tercapai, kita tetap dapat bersyukur oleh karena, bagaimanapun Tuhan tidak akan mencelakakan kita. Kita tetap dapat bersukacita oleh karena Tuhan pasti menyediakan kebaikan dan kesejahteraan bagi kita. Kiranya kita tidak fokus pada apa yang belum kita miliki, melainkan menikmati dan mensyukuri berkat yang sudah dikaruniakan-Nya.

Saat kita meminta kepada Tuhan, baik diberi maupun tidak diberi, tetaplah bersukacita dan mengucap syukur dalam menjalani hidup ini.

“Baik saat mendapatkan maupun tidak mendapatkan keinginan kita, hendaklah kita tetap bersyukur kepada Tuhan.”


Tuhan Yesus, dalam mengerti maksud dan kehendak-Mu itu bukan hal yang mudah untukku. Terkadang seringkali aku gagal dalam mengerti kehendak-Mu dan terjerumus dalam pilihan yang salah. Berikan aku kepekaan untuk memahami bahwa apa yang Kau beri adalah yang terbaik meski bertentangan dengan apa yang aku mau. Aku ingin terus bersyukur pada-Mu disetiap musim dihidupku Tuhan. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Amin