Serahkan Khawatir Pada Tuhan

24 Mei 2017 oleh Sdri. Chandra Tuspitasari

church event

Baca Sekarang : 1 Petrus 5 : 6-11


serahkanlah segala kekhawatiranmu kepada-Nya, sebab ia memelihara kamu.” - 1 Petrus 5:7

Seorang ibu sedang duduk santai dirumahnya, keluarganya baik-baik saja. Namun tiba-tiba muncul pikiran buruk dalam benaknya. Bagimana kalau tiba-tiba anakku mengalami kecelakaan sepulang dari sekolah? Bagaimana kalau seandainya suamiku kehilangan pekerjaannya karena perusahaannya bangkrut? Bagaimana kalau aku sakit? Saudara terkasih mungkin pikiran dan pertanyaan seperti ini juga pernah muncul dalam benak kita.

Itulah kekhawatiran dan ketakutan akan sesuatu yang mungkin terjadi. Sesuatu yang tidak kita ketahui dan tidak dapat kita kendalikan. Kita khawatir karena kita ingin mengontrol keadaan agar sesuai dengan harapan dan keinginan kita. Kita khawatir karena tidak ingin hal-hal buruk menimpa diri kita atau orang-orang yang kita cintai.

Firman Tuhan mendorong kita untuk menyerahkan segala kekhawatiran. Menyerahkan berarti melepaskan, memberikan kepada pihak lain. Kepada siapa? Tentu kepada Tuhan. Mengapa? Kita tidak tahu apa yang mungkin terjadi, tetapi Tuhan adalah Alfa dan Omega, Dia mengetahui segala sesuatu. Banyak hal berada diluar kendali kita, tetapi Tuhan berdaulat atas kehidupan ini dan turut bekerja dalam segala sesuatu.

Hal yang kita khawatirkan mungkin terjadi, tetapi mungkin pula tidak terjadi. Apapun yang terjadi, satu hal yang pasti yaitu bahwa Tuhan tidak meninggalkan dan membiarkan kita seorang diri. Dia akan memelihara hidup kita. Dia bahkan melengkapi kita, meneguhkan, menguatkan dan mengokohkan kita. Dalam penyertaan-Nya, masihkah kita memilih untuk khawatir?

“alih-alih memberikan tempat pada kekhawatiran yang tidak pasti, kita perlu menguatkan kepercayaan kepada Tuhan yang berdaulat.”


Tuhan Yesus, aku bawa seluruh hidupku kedalam tangan-Mu. Segala takut, bimbang dan khawatirku Engkau yang tahu, biarlah Kau tolong aku berdasakan cara-Mu yang lebih berkuasa atasku. Amin