“Sulit Merasa Cukup”

29 Mei 2017 oleh Sdri. Chandra Tuspitasari

church event

Baca Sekarang : Filipi 4 : 10-19


Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan - Filipi 4:11

Ketika ditanya “kapan kamu merasa cukup.” Seorang muda menjawab “kalau bisa, ya sedikit lebih lagi.” Rasa cukup adalah mutiara yang paling berharga. Paulus dalam suratnya kepada jemaat Filipi memberi kita pelajaran berharga soal rasa cukup. Paulus tidak hanya sekedar bicara saja, karena dia sendiri juga mengalami. Paulus berkata : “… sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan. Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan” (ay. 11-12). Paulus ingin mengatakan bahwa rasa cukup bukan dibawa sejak lahir, ataupu sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Paulus tahu bagaimana rasanya mengalami kelimpahan maupun kekurangan. Dia tahu bagaimana rasanya tidak mampu membayar besarnya biaya perjalanan pelayanannya, dia tahu bagaimana rasanya kelaparan dan dia juga tahu bagaimana rasanya tidak ada uang yang tersisa.

Bagaimana dengan kita” saat kita berkelimpahan maupun kekurangan, memiliki rasa cukup merupakan tantangan tersendiri. Biasanya apabila materi mengalir dengan deras ke kantong kita, kita ingin aliran itu menjadi lebih deras lagi dan kita tidak akan puas sampai kapanpun. Sedangkan ketika kita sedang kekurangan, kita juga sering mengeluh dan membanding-bandingkan diri kita dengan orang lain yang lebih baik keadaanya sapai diri kita sendiri pada akirnya menjadi kecewa.

Belajarlah memiliki rasa cukup karena Tuhan selalu mencukupkan kebutuhan kita, bukan keinginan kita. Karena ketika kita bisa merasa cukup atas semua berkat Tuhan, kedamaian dan sukacita tetap akan mengalir dalam hidup kita. Dan perlu diingat, merasa cukup tidak sama dengan “pasrah”. Merasa cukup berarti mampu untuk tetap bersyukur dengan terus mengerjakan bagian dan pekerjaannya denga sebaik mungkin.

“ seseorang disebut kaya apabila dia sudah bisa berkata cukup!”


Tuhan Yesus tolonglah aku untuk dapat terus bersyukur pada-Mu dalam setiap berkat yang Engakau percayakan padaku. Dan pimpin serta berkatilah setiap pekerjaan dan usaha yang kami jalankan agar semua itu berkenan di hadapan-Mu. Di dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa. Amin