BELAJAR UNTUK MEMBERI

08 September 2017 oleh Pdt. Putut Riyadi

church event

Baca Sekarang: 1 KORINTUS 16 : 1 – 24


Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih! - 1 Korintus 16 : 14

Gereja lahir karena kasih Allah dalam Kristus. Kasih ilahi itu harus terpancar sebagai ciri utama Gereja Tuhan. Bila kasih antar kekasih, sahabat, atau keluarga dirasa kuat untuk diungkapkan, lebih lagi kasih ilahi. Kasih itu sedemikian kuat dan konkrit sehingga jemaat purba rela berbagi harta yang mereka terima dari Tuhan. Mereka berbuat demikian karena sadar, sudah selayaknyalah sesama milik Kristus saling meringankan beban.

Dalam renungan ini terlihat adanya contoh Jemaat Tuhan yang saling mendukung dalam memberikan persembahan. Paulus menasihati jemaat di Korintus ini untuk membantu jemaat di Yerusalem: [1] setiap minggu, berikan secara teratur sebagian harta yang telah dikaruniakan Tuhan sebagai persembahan; [2] berikan persembahan itu bagi kepentingan kehidupan jemaat Tuhan di Yerusalem, (ayat 1-3). Kedua hal tersebut harus dilakukan dengan dasar kasih ilahi yang kuat dan konkrit.Jadi kita dapat merennungkan dini bahwa perlu adanya pengaturan yang baik.

Apa kecenderungan sikap dan tindakan kita dalam memberikan persembahan? Apakah kita sering asal-asalan? Kadang kita dengar berbagai penyalahgunaan persembahan. Untuk membina jemaat memberikan persembahan yang baik, Paulus memberi nasihat berikut. Berikan sebagian harta yang telah dikaruniakan Tuhan sebagai persembahan secara teratur setiap Minggu (ayat 2). Peruntukkan persembahan itu bagi kepentingan kehidupan jemaat Tuhan dan kirimkan utusan yang dapat dipercaya dengan surat untuk menyerahkannya.


Persembahan adalah milik Tuhan, jangan bersikap atau bertindak salah terhadap milik Tuhan itu!